Pengertian, Tujuan, Perbedaan dan Persamaan ISD dan IPS.


Pengertian ISD

   ISD atau yang biasa disebut Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang menelaah tentang masalah sosial khususnya yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian ( fakta , konsep , teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : Sejarah , Ekonomi , Geografi , Sosial , Sosiologi , antropologi , psikologi sosial. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ISD merupakan pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana cara manusia berkomunikasi atau berhubungan satu sama lain. Sebagai makhluk sosial, berkomunikasi atau berhubungan antar sesama haruslah terjalin dengan harmonis agar tercipta manusia yang peduli terhadap sesama.



   Ilmu Sosial Dasar sendiri adalah inti dari bagaimana individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola hubungan para individu. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
Pengertian ISD menurut beberapa ahli :
a. Ruth Aylett
   ISD adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi
b. Lewis
   ISD adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya

B. Keith Jacob
    ISD adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah komunitas

2. Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar ( ISD )
ISD Sebagai salah satu Mata kuliah dasar umum, mempunyai tujuan pembinaan kepada mahasiswa agar memahami apa itu tujuan ISD sendiri yaitu :
a. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha untuk menanggulanginya.
b. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
c. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3. Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan
Berdasarkan dari berbagai penjelasan di buku-buku besar yang ada, sebagai sumber dan patokannya ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi 3 macam yaitu :
a. Ilmu Pengetahuan Alam
 Adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.
b. Ilmu Pengetahuan Sosial
 Adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu.
c. Ilmu Pengetahuan Budaya/Ilmu Humaniora
 Adalah ilmu yang mempelajari cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistemagama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
4. Perbedaan dan Persamaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
Perbedaan :

a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan di sekolah lanjutan.

b. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.

c. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukkan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukkan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan :

a. Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.

b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri

c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

5. Ruang Lingkup  ISD
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1. Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan­ sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam IPS.

3. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
Berdasarkan bahan kajian di atas, dapat dijabarkan lebih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat di operasionalkan.

Referensi :
https://handriandio07.wordpress.com/2013/10/01/3-kelompok-ilmu-pengetahuan/
http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://lezargabriel.blogspot.com/2014/10/3-kelompok-ilmu-pengetahuan-secara-umum.html

Komentar