Organisasi Sistem Komputer, Struktur & Fungsi serta Sejarah Komputer

Apa itu Komputer?
Sumber gambar: http://hipweweb.blogspot.com/2016/10/jenis-jenis-komputer-berdasarkan.html

Komputer disebut “to compute” . Jadi, komputer merupakan sebuah mesing hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.

Apa itu Organisasi sistem komputer ?

Organisasi komputer yaitu merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contohnya :Teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Untuk Asritektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya : Set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

A. Struktur dan Fungsi Komputer 

I. Struktur Komputer

Sumber gambar : https://hestimickey.wordpress.com/2017/05/07/pengertian-struktur-komputer-dan-fungsi-komputer/

1. Input Device (Alat Masukan)
Input device berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. seperti keyboard dan mouse.

2. Output Device (Alat Keluaran)
Output device berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluarannya dapat berupa hardcopy atau softcopy, ataupun berupa suara. contoh printer, monitor dan speaker

3. I/O Ports
I/O PORTS digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)
CPU sendiri biasa disebut sebagai otak komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori
Memori terbagi menjadi 2 yaitu Internal & Eksternal, Memori internal berupa RAM (Random akses memory ) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

6. Data Bus
Data Bus merupakan jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus
Address Bus menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

II. Fungsi komputer 

1.Input
Untuk menerima informasi dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktifitas pada mouse, keyboard atau peralatan lain pada komputer.

2. Processing
Fungsi utama dari sebuah komputer adalah mengolah data sehingga menghasilkan output atau informasi setelah melalui proses. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Output
Output atau keluaran untuk  menampilkan hasil dari sebuah proses data atau informasi dalam bentuk teks, gambar, maupun audio kepada pengguna atau perangkat lainnya berdasarkan kebutuhan masing-masing. Contoh perangkat output yang sering dijumpai adalah monitor, printer, dan speaker.

4. Storage
Storage atau penyimpanan berfungsi untuk menyimpan serangkaian data atau informasi. Penyimpanan dialokasikan berdasarkan bagaimana informasi akan dipakai.Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali. 

III. Manfaat Komputer

1. Sebagai sarana hiburan
2. Mempermudah pekerjaan manusia
3. Sebagai sarana penunjang pendidikan
4. Sebagai media untuk mencari informasi
5. Sebagai media komunikasi

B. Komponen

1. Casing
Sumber gambar : https://www.murdockcruz.com/2019/07/04/lian-li-lancool-one-casing-pc-yang-worth-banget-buat-enthusiast-budget-ketat/#.X3lyq2gzZPY

Casing berfungsi untuk pelindung, memberi nilai estetika, mengurangi kebisingan, pendingin agar udara berjalan dengan baik yang intinya casing melindungi komponen agar terhindar dari kerusakan, casing CPU terbuat dari beberapa bahan. Umumnya dari stainless dan plastic namun ada pula yang terbuat dari tempered glass seperti casing gaming.

2.Motherboard
Sumber gambar: https://www.indoworx.com/komponen-komponen-cpu-komputer/

Mobo atau motherboard merupakan sebuah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya dipasang dan bisa terhubung satu dengan yang lain. Adapun komponen-komponen yang menjadi bagian inti dalam motherboard ini adalah processor, sound card, video card, hard disk, ssd dan lainnya.

3. Processor
Sumber gambar : https://tekno.kompas.com/read/2018/10/09/15430177/intel-resmikan-prosesor-generasi-ke-9-termasuk-core-i9-dan-x-series

Processor merupakan otak komputer dan merupakan salah satu komponen inti dari komputer, perangkat komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya processor, Semua proses maupun perintah akan dikerjakan pada processor meskipun masih dengan bantuan komponen-komponen lainnya

4. Cooling Fan
Sumber gambar : https://www.lelong.com.my/nzxt-aer-rgb-triple-case-fan-pack-140mm-r3xtech-202567971-2019-04-Sale-P.htm

Fungsi cooling fan atau kipas pendingin untuk menjaga dan menstabilkan suhu pada cpu karena Hal ini penting untuk mengantisipasi peningkatan suhu, terutama jika melakukan aktivitas berat pada komputer. Cooling fan juga mampu menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, misalnya seperti overheat atau mati mendadak karena berhentinya kinerja CPU. Posisi cooling fan pada CPU juga harus disusun dengan baik agar airflownya bagus.

5. RAM ( Random Access Memory)




Sumber gambar  : https://en.wikipedia.org/wiki/Random-access_memory

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, untuk mempercepat kecepatan komputer, namun perlu dicatat bahwa RAM bukanlah komponen utama yang dapat mempercepat kinerja komputer atau laptop, RAM mampu membantu proses kinerja processor untuk mengolah data. Semakin besar ukuran RAM tentu akan semakin baik dalam prosesnya. Ada macam-macam ukuran RAM, diantaranya adalah RAM ukuran: 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB dan ada juga beberapa jenis RAM, mulai dari RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4.  Tidak semua komputer dapat mendukung ukuran RAM yang besar. Biasanya pada mainboard suatu komputer membatasi jumlah maksimal RAM yang bisa diterapkan. Tidak cuma mainboard, kadang juga ada Sistem Operasi yang membatasi ukuran memori. 

6. Harddisk
Sumber gambar :https://www.expertreviews.co.uk/storage/internal-hard-drives/49873/western-digital-caviar-blue-
1tb-review


Hardisk digunakan sebagai penyimpanan untuk menyimpan dan membaca data pada komputer. Komponen ini menggunakan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik. Kapasitas yang dimilikinya juga cukup besar. Sifat dari komponen ini adalah permanen, sehingga data yang disimpan tidak akan hilang

7, PSU ( Power Supply Unit )

Sumber gambar : https://www.indoworx.com/power-supply/

PSU berfungsi sebagai penyalur tegangan arus listrik kepada komponen-komponen hardware komputer lainnya yang terpasang pada motherboard. Adanya komponen power supply tentunya untuk membuat suatu perangkat komputer beserta semua komponennya bisa berfungsi dan bekerja dengan baik.  power supply juga menyalurkan alur listrik dengan jenis AC atau arus bolak balik, namun kemudian mampu diubah menjadi arus DC atau arus yang berjalan searah. Artinya bukan bolak balik, sehingga diyakini arus DC bisa lebih stabil untuk komponen komputer yang hanya bisa melakukan pergerakan pada satu arah aliran listrik saja.

8. I/O Card
Berfungsi menghubungkan motherboard dengan komponen input dan output pada komputer. Contohnya adalah menghubungkan motherboard dengan harddisk, printer, dan monitor.

9. ROM ( Read Only Memory )

Sumber gambar : https://blog.dimensidata.com/perbedaan-ram-dan-rom-serta-persamaan-keduanya/


ROM berfungsi untuk menyimpan firmware berupa perangkat lunak atau juga yang sering disebut software. Perangkatlunak yang biasa mengisi ROM ini misalnya yang berhubungan dengan perangkat keras seperti ROM Basic Input Output System.

10. Heatsink Fan ( HSF ) 



Sumber gambar : https://www.nesabamedia.com/pengertian-heatsink-dan-fungsi-heatsink/

Fungsi heatsink adalah memperluas transfer panas yang bersumber dari prosesor kemudian membantu mendinginkannya. Heatsink sendiri merupakan pendingin (cooler) yang didesain secara khusus untuk mempercepat proses pendinginan prosesor (CPU). 

11, CD/DVD ROM
Sumber gambar : https://www.jasareplikasicd.com/2015/11/10-tahapan-cara-membersihkan-cd-rom.html

CD/DVD berfungsi ntuk menulis dan membaca kaset / kepingan CD/DVD, CD/DVD ROM juga dapat digunakan untuk mem-burning atau meng-copy CD dengan menggunakan berbagai software seperti Nero, Infra Recorder.

12. VGA Card


Sumber gambar : https://www.vistacomputer.lk/product/gtx660-used/

Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis.

13. Sound Card



Sumber gambar : https://www.otakit33.id/2019/03/fungsi-dari-sound-card-lan-card-dan.html

Fungsi sound card adalah untuk mengolah data suara atau audio di komputer, Semua perintah suara yang ada dikomputer sound card yang berperan untuk memprosesnya yang selanjutnya akan dikeluarkan suara melalui komputer.

14. SSD ( Solid State Drive )
Sumber gambar: https://www.murdockcruz.com/2017/11/29/ssd-nvme-setup-hal-yang-perlu-anda-ketahui/

Seiring perkembangan zaman, media penyimpanan  PC maupun laptop pun berkembang  saat ini yang sedang banyak dibicarakan ialah SSD, yang merupakan pengembangan dari teknologi HDD. Pada dasarnya, fungsi SSD sama seperti HDD hanya saja SSD tidak tersimpan pada lapisan-lapisan magnetik layaknya HDD. SSD menyimpan semua data pada chip-chip emory flash yang saling terhubung satu sama lain. 



Sumber gambar : https://photographylife.com/nvme-vs-ssd-vs-hdd-performance

Akan tetapi keunggalannya jika kita lihat yaitu saat menyalakan komputer, membuka file, membuka aplikasi word, adobe dan sebagainya lebih cepat karena kecepatan Read/Write SSD lebih tinggi dari HDD.

C. Sejarah Komputer 

1. Generasi Pertama (Tabung Vakum)



 sumber gambar: https://www.indoworx.com/perkembangan-komputer/

Pada tahun 1946 komputer diciptakan dengan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Beratnya hampir 30 ton. Tapi hal ini sangat tidak efisien karena membutuhkan daya listrik yang besar serta panas yang berlebih. Generasi pertama ini, masih menggunakan bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer itu sendiri.

Inputnya menggunakan sebuah pita kertas dan punched card. Dengan output berupa printer. Yang mana, pada waktu itu membutuhkan sekitar 1 juta dollar hanya untuk mendapatkannya Ciri-cirinya yaitu :

-Proses kurang cepat

-Daya simpannya kecil

-Suhunya cepat panas sehingga membutuhkan sebauh pendingin

-Ukuran hardware sangat besar, sehingga membutuhkan ruangan yang luas.


2. Generasi ke-2 (Transistor)

sumber gambar : http://caisoki.blogspot.com/2015/03/komputer-generasi-kedua.html

Generasi ini sudah tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan dengan bahasa FORTRAN dan CBOL. Sehingga bisa dikatakan bahwa komputer transitor adalah lebih baik dibanding tabung vakum. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

-Proses operasi lebih cepat

-Mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utamanya

-Orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis tetapi juga orientasi teknik

-Mampu melakukan proses real time dan real sharing

-Bahasa pemrograman tingkat tinggi


3. Generasi ke-3 (Integrated Circuit)

Sumber gambar : https://martitina02.wordpress.com/2017/05/08/komputer-generasi-ketiga/

Generasi ini disebut dengan generasi ketiga. Bentuk transistor diperkecil kemudian dietakkan pada IC bersama beberapa resistor dan kapasitor. Pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Kelebihannya adalah lebih cepat dan efisien. Juga merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard.

Mengalami kemajuan dibanding sebelumnya yang menggunakan kertas. Karena dibandrol dengan harga yang cukup murah. Sehingga pada masa itu, orang-orang mampu membelinya. Ciri-cirinya di bawah ini :

-Kapasitas memori lebih besar

-Menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara

-Media penyimpanan dengan kapasitas yang besar

-Karena menggunakan IC, sehingga memiliki performa yang lebih cepat

-Peningkatan software


4. Generasi ke-4 (Microprosessor)

sumber gambar : https://www.taxifabric.org/sejarah-komputer/

Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya selanjutnya memasuki masa microprosessor. Yang mana, masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bersamaan dengan generasi microprosessor ini, lahirlah internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu warna (green color). Selain itu, dikembangkan sebuah chip sebagai memori komputer. Seiring berkembangnya waktu, para pakar mencoba untuk melengkapi apa yang belum ada. Yaitu PC-Compatible.

Oleh karena itu, pada generasi ini istilah PC mulai muncul. Perangkat mulai dikembangkan untuk perorangan dan mudah dibawa kemana-mana yaitu laptop. Beberapa contoh komputer generasi ke empat ini adalah IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.


5. Generasi ke-5  (Artificial Intelligence)

sumber gambar : https://yonnysite.wordpress.com/2015/07/25/the-fivegeneration-of-computer-1st-5th/

Yang terbaru dari perkembangan komputer adalah munculnya teknologi bernama AI. Yang memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input dengan lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini, Anda dapat menginput bahasa yang digunakan sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Banyak developer yang saat ini sudah mulai menggunakannya. Disebut sebagai komputer masa depan. Dikembangkannya intel dan microsoft yang diprakarsai oleh Bill Gates yang merupakan pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia. Ditandai dengan munculnya smartphone, tablet, netbook dan masih banyak lagi yang lainnya.m LSI (Large Scale Integration) yang memadatkan ribuan microprosessor. Yang paling terbaru adalah Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Walaupun komputer generasi ini memiliki bentuk yang kecil dan sederhana. Tetapi memiliki kecepatan dan kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi.


6. Generasi Ke-6 

http://palakbotol.blogspot.com/2016/02/sejarah-komputer-generasi-ke-6.html

Komputer generasi ke-6 ini merupakan komputer yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga untuk komputer generasi ke-6 belum dapat dipastikan bentuknya akan seperti apa. Tapi ada beberapa gambaran yang dapat ditemukan tentang komputer generasi ke-6. Komputer generasi ke-6 menghasilkan teknologi komputer yang yang canggih dan mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki biochip. Biochip ini terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan. Selain itu para ilmuwan sekarang sedang merintis suatu komputer tanpa program (programless komputer).

Referensi :
http://ikaapriliani-education.blogspot.com/2015/11/pengantar-arsitektur-komputer-1.html
https://www.yolori.com/blogs/tips-trik/pengertian-dan-fungsi-casing-cpu-yang-perlu-diketahui
https://www.seluncur.id/komponen-cpu-dan-fungsinya/
https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

Komentar